Seluruh rangkaian acara Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XXIII tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2015, Senin malam (11/5/2015) resmi ditutup.

Rangkaian STQ ditutup oleh Gubernur Kalbar, yang diwakili staf ahli bidang pemerintahan, Drs. H. Aminuddin, M.Si. Acara diawali dengan penyampaian laporan dari Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kalbar, yang diwakili oleh Ketua III, Hj. Mahmudah, M.Ag.

Dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Dewan Hakim STQ XXIII Kalbar tentang penetapan peserta terbaik I, II, dan III masing-masing cabang dan golongan yang dilombakan.

Penutupan STQ sempat diwarnai hujan lebat yang mengguyur Kota Pontianak. Bahkan lokasi acara penutupan, tepatnya di Plaza Masjid Raya Mujahidin Pontianak sempat tergenang air hujan sampai mata kaki orang dewasa. Seluruh undangan dan kafilah yang hadir dibuat pasrah. Karena tidak bisa berbuat apa-apa.

Pemanggilan pemenang setiap cabang lomba pun tetap dilanjutkan sampai selesai. Dilanjutkan dengan penyerahan hadiah yang kemudian dialihkan di atas panggung. Karena ketinggian air semakin bertambah.

Usai penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba, dilanjutkan pembacaan Surat Keputusan Dewan Hakim tentang Juara Umum STQ XXIII Kalbar Tahun 2015. Hampir dapat ditebak bahwa Kota Pontianak keluar sebagai Juara Umum STQ Kalbar Tahun 2015, dengan perolehan 3 emas.

Tiga emas tersebut dipersembahkan kafilah Kota Pontianak masing-masing oleh Hj. Hamidah dari cabang tilawah dewasa putri, Deah Yulianti cabang Tilawah golongan anak-anak putri, dan Muhammad Ramadhani dari cabang Hifzil Quran golongan 1 juz Maat Tilawah putra. Gemuruh tepuk tangan hadirin ikut menyambut pengumuman yang disampaikan Dewan Hakim.

Kemudian Wali Kota Pontianak yang diwakili Wakil Wali Kota, Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, MM diminta untuk naik ke panggung menerima Piala Bergilir LPTQ Kalbar. Usai penyerahan hadiah, hujan pun perlahan berhenti. Acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci AlQuran oleh Qori Terbaik I cabang Tilawah Dewasa Putra STQ XXIII Kalbar tahun 2015, H. Anas Alhifni (utusan dari Kabupaten Bengkayang).

Acara dilanjutkan dengan sambutan Gubernur Kalbar sekaligus menutup STQ secara resmi yang ditandai dengan pemukulan beduk oleh staf ahli Gubernur bidang pemerintahan, Drs. H. Aminuddin, M.Si disaksikan sejumlah pejabat, pengurs LPTQ Kalbar, panitia dan undangan.

Rangkaian acara diakhiri dengan pembacaan doa oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak sekaligus Pengurus LPTQ Kalbar, Drs. H. Jafar. A, M.Si. Turut hadir dalam acara tersebut, Plh. Kakanwil Kemenag Kalbar, Drs. H. Ramli M. Said, Kepala Kemenag Kab./Kota Se Kalbar, Wali Kota dan Bupati se Kalbar, Ketua LPTQ Kab/Kota Se Kalbar, para Tokoh Agama/Tokoh Masyarakat, serta undangan.*(Sumi/Ptk)