Peran Informasi dan Kehumasan di lingkungan Kementerian Agama kian menampakkan fungsinya seiring dengan tugas dan fungsinya yang semakin spesifik, khusus dan tanpa terbebani tugas lain yang sesungguhnya tidak ada kaitannya secara fungsional dengan tugas kehumasan.

Oleh karena itu untuk memaksimalkan peran dan fungsi Informasi dan Humas di daerah, maka Kasubbag Inmas Kanwil Kemenag Kalbar beserta stafnya melakukan monitoring ke beberapa Kabupaten Kota di Kalimantan Barat Tahun 2016.

Pada hari Senin, 16 Mei 2016 Tim Monitoring Subbag Inmas yang terdiri dari Dra. Hj. Sangadah, Aris, Sujarwono, MH dan Fajrin, ST Tiba di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kayong Utara. Kedatangan mereka disambut oleh Kepala KanKemenag H. Syarif Mahmud, SH dan Kasubbag TU Kemenag Kabupaten Kayong Utara H. Kuwatno,S.Pd.I

Dalam pertemuan tersebut Dra. Hj. Sangadah menjelaskan bahwa tujuan monitoring ini adalah untuk memberikan motivasi kepada kontributorberita seputar kegiatan Kementerian Agama di Kabupaten Kayong Utara yang diunggahdi media website kanwil dan media cetak.

Selain itu Sangadah menuturkan bahwa dasar kegiatan ini sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Nomor: SJ/B.VIII/2/HM.00/ 4044 /2013, Tentang Optimalisasi Tugas dan Fungsi Subbagian Informasi dan Hubungan Masyarakat serta keterbukaan publik.

Sampai saat ini, kami telah mendatangi hampir seluruh Kabupaten Kota se-Kalimantan Barat untuk untuk memberikan motivasi kepada kontributorberita website, hasilnya alhamdulillah hingga saat ini jumlah berita di website, hampir mencapai 1.000 berita, oleh karena itu kami juga berharap agar Kankemenag Kayong Utara juga aktif dalam menyampaikan informasi kegiatan melalui website kemenag harap Sangadah.

Harapan tersebut disambut baik oleh Kepala KanKemenag dan beberapa jajarannya, Insya Allah secepatnya kami akan memberikan arahan kepada seluruh satker di lingkungan Kemenag Kayong utara agar membuat berita/informasi terkait aktifitas kegiatan dilingkungannya masing-masing jelas Syarif Mahmud saat ditemui diruang kerjanya. (Ir-Inmas).