Rabu, 11 September 2019, 09:02 kurniawan

(Inmas-Kanwil) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalbar melalui Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan menggelar kegiatan Sinkronisasi Data Perencanaan Tahun Anggaran 2020 di Hotel Santika Pontianak.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari mulai hari Selasa hingga Kamis (10-12/09/2019) besok dibuka langsung oleh Kabag Tata Usaha yang juga sebagai Pelaksana Harian Kanwil dan didampingi Kasubbag Perencanaan dan Keuangan.

Kasubbag Perencanaan dan Keuangan Wahyu Setiabudi, SE, MM dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini diikuiti 61 orang peserta yang terdiri dari Kasubbag Tata Usaha, operator RKAKL dan Penyusun Renstra Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kota sekalbar dan Kanwil.

Adapun tujuan kegiatan ialah agar peserta mengetahui dan memahami regulasi dan mengimplementasikannya pada penganggaran tahun 2020, memahamai mekanisme penyusunan anggaran berbasis sasaran kinerja, IKU dan Renstra tahun 2020, memahami mekanisme revisi DIPA Tahun 2019 dalam rangka penyelesaian pagu minus dan mampu dan memaksimalkan e planning sebagai basis data perencanaan anggaran Tahun 2020.

Adapun narasumber pada kegiatan ini menghadirkan Biro Perencanaan Kemenag RI, Kabag Perencanaan Biro Perencanaan Kemenag RI, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kalbar dan Lingkungan Kanwil Kemenag Kalbar.

Sementara itu Pelaksana Harian Kanwil Kemenag Kalbar H. Rohadi, S.Ag, M.Si dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sangat penting dilaksanakan sebagai strategi untuk memperkuat dukungan terhadap perencanaan Kementerian Agama Provinsi Kalbar. "Dalam penyusunan anggaran satuan kerja harus memiliki skala prioritas, sehingga tercipta penganggaran yang tepat sasaran efektif dan efisien” tegasnya.

Kabag Tata Usaha Kanwil ini menambahkan dalam perencanaan anggaran satuan kerja mesti menghindari pula sistem copy paste. Hal ini disebabkan kondisi dan kebutuhan Kementerian/Lembaga selalu berkembang sehingga kebutuhan juga mesti menyesuaikan. (wan)