Selasa, 10 September 2019, 09:45 gabrielsalim

Sejak Bulan Agustus dan memasuki bulan September 2019, Kepala Seksi Haji dan Bimas Islam H. Muhamad Desi Asiska, S.Sos.I  dan staf  sibuk melakukan supervisi administrasi nikah triwulan kedua yaitu April sampai Juni di Kantor Urusan  Agama (KUA) yang berada di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi. Ketika dijumpai di ruang Kerjanya Senin, 09 September 2019, Haji Desi mengatakan, “kegiatan supervisi ini didasarkan pada juknis yang menunjukkan bahwa Kantor Kementerian Agama tingkat Kabupaten/Kota wajib melakukan monitoring, pemantauan, pemeriksaan hasil pelaksanaan kegiatan administrasi nikah atau rujuk masing-masing Kantor Urusan Agama setiap tiga bulan. Adapun materi supervisi adalah: Pelaksanaan Standar Operasional  Pelayanan Nikah dan Rujuk, Pemeriksaan Administrasi Pencatatan pada lembar Pemeriksaan  Nikah, Registrasi Nikah, dan lain-lain,” jelasnya mantap.

Lebih lanjut Haji Desi menceritakan kegembiraannya atas hasil supervisi di beberapa KUA yang sudah dikunjungi. Pak Desi begitu beliau dipanggil dengan semangat menyampaikan hasil supervisinya. "Pertama, Hasil supervisi yang berdasarkan instrumen yang ada Alhamdulillah sudah banyak kemajuan dan banyak perbaikan, dari hasil supervisi sebelumnya; kedua, pelaksanaan SOP pelayanan nikah dan rujuk sudah dilaksanakan oleh KUA sesuai ketentuan. Hal ini tidak terlepas dari sistem administrasi nikah yang sudah berbasis website, sehingga sulit untuk memanipulasi data; ketiga, kelengkapan administrasi  persyaratan nikah sudah lengkap sesuai persyaratan walaupun masih terdapat kekurangan seperti ada yang lupa ditandatangani oleh pengantin; keempat, administrasi pencatatan seperti model NB/N8, model N/AP semua sudah menggunakan cetak printer,“ ceritanya bersemangat.

Kemudian pria ramah yang sangat dekat dengan stafnya itu menceritakan, “kalau supervise triwulan pertama masih ada beberapa kekurangan yang kemudian dievaluasi bersama, dalam supervise triwulan kedua ini sudah semakin baik. Hasil evaluasi dari triwulan pertama sudah diperbaiki sesuai juknis termasuk sistem pengarsipan yang sudah membaik dalam arti sudah sesuai dengan petunjuk yang pernah kami berikan dalam supervise triwulan pertama. Selain itu Haji Desi mengungkapkan rasa senangnya, “alhamdulillah semua KUA kita sekarang sudah memiliki sinyal internet, bagi yang belum terjangkau sinyal semuanya sudah kita belikan perangkat satelit, sehingga sangat memperlancar layanan nikah dan rujuk di KUA kita,” ceritanya mantap.

Berita Terbaru

Berita Terkait