Kemenag@Kalbar_ Setelah berulang kali dan secara terus menerus membaca dan mengkhatamkan Al-Qur'an, DWP Kemenag Kayong utara menggelar kegiatan Tasyakuran Khatmul Qur'an di Aula MIN Sukadana, Ahad 19/9/2021.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kakanwil Kemenag Kalbar Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si yang didampingi oleh Ketua DWP Kemenag Kalbar Hj Nurmardiah Syahrul Yadi, Kabid Pendidikan Madrasah H. Kamaluddin, M.Pd dan Wakil Bupati Kayong Utara.

Dalam sambutannya Syahrul Yadi memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan Khatamul Qur’an yang merupakan kegiatan pertama kali di daerah yang dihadiri langsung oleh Kakanwil bersama Ketua DWP Kanwil Kemenag Kalbar secara bersama-sama.

Selanjutnya Syahrul Yadi menjelaskan tentang pentingnya al qur’an dalam kehidupan sehari-hari dan kemudian beliau berpesan agar dapat melaksanakan kewajiban terhadap Al qur’an yakni membacanya dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kesempatan terswebut, Wakil Bupati Kayong Utara, H. Effendi Ahmad juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan sambutan. Beliau mengatakan bahwa Kementerian Agama adalah mitra terbaik pemda Kayong Utara dalam melaksanakan Visi dan Misinya salah satunya adalah menjadikan kayong utara yang beriman,.

Sebagai dukungan terhadap program Kementerian Agama, H. Effendi akan menghibahkan tanah untuk pembangunan KUA di Kecamatan Kepulauan Karimata.

Selanjtnya Effendi Ahmad juga berpesan kepada ibu-ibu DWP agar terus dalam membaca qur’an jangan ada kata berhenti walaupun sudah melaksanakan Khataman Qur’an pada hari ini, karena Qur’an akan menjadi syafaat dan penolong bagi kita semua.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kemenag Kayong Utara H. Ruslan, S.Ag, MA menyampaikan ungkapan terimakasih kepada Kakanwil dan Ketua DWP Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat dan Wakil Bupati yang telah banyak memberikan bimbingan dan arahan sehingga terselenggaranya kegiatan khatmul qur’an ini.

Sementara itu, Ketua DWP Kemenag Kayong Utara Ny. Citra Dewi Ruslan mengatakan bahwa khataman qur’an ini berawal dari tadarusan anggota DWP kemenag kayong utara sebanyak 25 orang selama pandemi covid 19 yakni kurang lebih selama dua tahun dan mengkhatamkan Qur’an sebanyak 30 kali.

Turut hadir dalam acara tersebut, para pejabat di lingkungan Kantor Kemenag Kayong Utara, seluruh ASN dan pengurus DWP Kemenag Kayong Utara, serta beberapa para undangan.

Khataman Qur’an di mulai dengan pembacaan ayat suci alqur’an oleh ibu hayyun Thaharah kemudian dilaksanakan Khataman Qur’an yang dimulai dari surah at-Takatsur yang di pimpin oleh ketua Majelis Ta’lim Khairunnisa yang kemudian ikuti oleh 25 orang Anggota DWP Kemenag kayong utara lainnya. Khataman Qur’an tersebut berjalan dengan khidmat dan lancar dari awal hingga akhir pelaksanaan. (Sd/Ir)