Kemenag@Kalbar_ Moderasi beragama merupakan salah satu dari tujuh program prioritas Kementerian Agama. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kakanwil Kemenag Kalbar Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si pada kegiatan Sosialisasi Regulasi Kelembagaan KUA Tahun 2021 di lingkungan Kanwil Kemenag Prov. Kalbar Rabu, 13/10/2021 bertempat di Hotel Kapuas Palace Pontianak.

Syahrul Yadi menjelaskan Indonesia kaya dengan perbedaan, kalau tidak ada perekat, Indonesia bisa terpecah-pecah. Oleh karena itu Moderasi harus diperkuat, Imamnya adalah Kementerian Agama dan Ujung Tombaknya adalah Kepala KUA di Kecamatan.

Sesuai dengan keinginan Menteri Agama, Syahrul Yadi berharap para ASN Kementerian Agama dimanapun berada harus memahami makna moderasi beragama. “Jangan sampai ASN Kementerian Agama ada yang tidak Moderat” katanya.

Sementara itu Sub. Koordinator Seksi Bina Lembaga dan Sarpras KUA dan Sistem Informasi Bidang Urais Kemenag Kalbar, Surkiya, S.Ag menuturkan bahwa kegiatan Sosialisasi Regulasi Kelembagaan KUA Tahun 2021 merupakan program Kanwil Kemenag Kalbar dengan menghadirkan 50 orang perserta yang terdiri dari para Kasi Bimas Islam dan Kepala KUA se-Kalimantan Barat.(Ir)