Puncak peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke-74 Tahun 2020 di lingkungan Kantor Kemenag Kota Pontianak ditandai dengan acara tasyakuran. Kegiatan yang dirangkai dengan pembinaan kepada ASN ini berlangsung pada Sabtu (4/1/2020), di Aula Asrama Haji Jalan Sutoyo Pontianak. Hadir dalam acara tersebut Kepala Kanwil Kemenag Kalbar Drs. H. Ridwansyah, M.Si, yang sekaligus didaulat memberikan pembinaan kepada seluruh ASN di lingkungan Kantor Kemenag Kota Pontianak.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kemenag Kalbar Hj. Yeni Yuniar Ridwansyah, Purnabakti Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak (H. Azharuddin Nawawi, S.Ag beserta istri), Ketua FKUB, Ketua Baznas serta Pimpinan Bank yang merupakan mitra Kantor Kemenag Kota Pontianak. Kedatangan para tamu VIP tersebut disambut hangat oleh kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak, H. Ekhsan, S.Ag, M.Si beserta istri didampingi Kasubbag TU, serta para Kasi/Penyelenggara di lingkungan Kantor Kemenag Kota Pontianak.

Selain itu, acara juga dihadiri oleh mantan Ketua DWP Kemenag Pontianak Hj. Ratna Iriani Ja’far, serta Dr. Zainuddin yang mewakil Dr. Hj. Lailial Muhtifah, M.Pd. Acara juga dihadiri pegawai ASN di lingkungan Kantor Kemenag Kota Pontianak, pengurus dan anggota DWP Kemenag Kota Pontianak, Kepala Madrasah dan Kepala KUA se Kota Pontianak, Pengawas, Penyuluh serta sekitar 450 Guru agama yang merupakan ASN di bawah naungan Kemenag Kota Pontianak.

Rangkaian acara diawali dengan pembacaan ayat suci AlQuran dan pembacaan doa. Dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia HAB ke-74 (H. Mukhlis, S.Ag) dan pemutaran Video Kaleidoskop Kemenag Kota Pontianak tahun 2019. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak H. Ekhsan. Dalam sambutannya antara lain Ekhsan menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kalbar dan Ketua DWP Kanwil Kemenag Kalbar. Ekhsan juga mengulas secara singkat rangkaian kegiatan HAB Kemenag ke-74 di lingkungan Kemenag Pontianak yang konsepnya dari kita untuk mereka.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dan arahan sekaligus pembinaan Kepala Kanwil Kemenag Kalbar H. Ridwansyah. Usai Pembinaan, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak dan diserahkan kepada Kakanwil Kemenag Kalbar. Kemudian pemotongan tumpeng dilanjutkan oleh Ketua DWP Kemenag Kota Pontianak dan diserahkan kepada Ketua DWP Kanwil Kemenag Kalbar.

Usai pemotongan tumpeng, acara dilanjutkan dengan penyerahan cenderamata dari Ketua DWP Kemenag Kota Pontianak kepada Ketua DWP Kanwil Kemenag Kalbar. Kemudian penyerahan cenderamata kepada para purnabakti Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak beserta istri. Dilanjutkan dengan pembagian hadiah kepada para pemenang Lomba Masjid Teladan, Lomba Madrasah Sehat, serta penyerahan bantuan Beasiswa Yatim dan Dhuafa Lintas Agama (Islam, Kristen, Katolik, dan Budha) untuk 20 anak.

Seluruh rangkaian acara ramah tamah diakhiri dengan makan siang dan sesi foto bersama. Acara pembinaan dan tasyakuran HAB Kemenag ke-74 tersebut juga dihibur dan dimeriahkan oleh Group Nasyid Islami MTs Ma’arif NU Kota Pontianak.*(sumi/ptk)