SAMBAS Tes masuk Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) Sambas dilaksanakan Sabtu (14/05) di MTsN Semparuk. Pukul 06.30 s.d. 07.30 WIB peserta tes melakukan registrasi, sementara peserta melakukan registrasi, pengawas ujian yang terdiri dari empat orang mendapat pengarahan dari Panitia di ruang pengawas. Pengarahan dibuka dengan pengantar dari Kepala Subbag TU Kantor Kemenag Kab. Sambas Sipni, S.Pd.I, M.Pd.

Dalam pengantarnya Sipni menyatakan bahwa pelaksanaan ujian MAN IC Tahun Pelajaran 2016/2017 dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dan ujiannya mengacu kepada ujian nasional yang mana soal tes tidak sama. Akan ada tim monitoring pelaksanaan ujian dari Kanwil dan Kemenag pusat,ujar mantan Kepala Sekolah MIN Pemangkat ini. Sipni juga mengatakan bahwa dipilihnya MTsN Semparuk sebagai tempat ujian karena letak sekolahnya yang strategis. Dalam pengarahan tersebut juga hadir Kepala Sekolah MTsN Semparuk Iskandar, S.Pd.I, panitia dari MAN IC Serpong dan Institut Asesmen Indonesia (IAI).

Setelah Sipni memberikan pengarahan pembuka, dilanjutkan dengan pengantar dari Kepala Sekolah MTsN Semparuk. Iskandar mengucapkan terima kasih dan berbangga sekolah yang dipimpinnya ditunjuk untuk melaksanakan tes masuk perdana MAN IC Sambas. Selamat datang kepada bapak dari MAN IC Serpong dan IAI ke Kabupaten Sambas,sambut Iskandar. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengarahan dari panitia MAN IC Serpong dan IAI.

Pukul 07.30 WIB pelaksanaan ujian mulai dilaksanakan. Ujian dibagi menjadi empat sesi, untuk sesi pertama Tes Potensi Belajar (TPB). TPB ini merupakan soal dari IAI. Setelah TPB, untuk sesi ke dua sampai keempat adalah soal dari MAN IC. Tes sesi kedua mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris, kemudian ISHOMA. Setelah ISHOMA tes dilanjutkan dengan sesi ketiga mata pelajaran Kemapuan IPA yang terdiri dari Fisika dan Biologi dan Kemampuan IPS yang terdiri dari Ekonomi, Geografi dan Sejarah Indonesia.

Untuk tes sesi ketiga ini sesuai dengan peminatan siswa ketika mendaftar, jika IPA maka akan mendapat soal kemampuan IPA begitu juga jika memilih IPS akan mendapatkan soal kemampuan IPS. Adapun ujian sesi keempat adalah Pengetahuan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab.

Pada saat pelaksanaan ujian sesi pertama terlihat Kepala Kantor Kemenag Kab. Sambas H. M. Asmar, S.Pd.I menyempatkan diri untuk datang meninjau. Dari 68 siswa yang terdaftar untuk tempat tes di Kab. Sambas lima orang peserta yang tidak dapat hadir, diruang 1 dinyatakan 2 orang dan ruang 2, 3, dan 4 masing-masing 1 orang peserta. Ujian selesai pukul 16.30 WIB, setelah selesai tes soal ujian langsung dibakar oleh panitia. (rdn).