Kamis, 29-7-2021

Kompetisi Sain Madrasah (KSM) merupakan ajang bergengsi bagi siswa madrasah. Kompetisi ini diikuti oleh siswa madrasah mulai tingkat Madrasah Ibtidaitah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Semua madrasah berupaya melakukan persiapan sebaik-baiknya agar bisa melaju sampai tingkat nasional.

Jadwal pelaksanaan KSM sudah disampaikan kesemua madrasah disetiap kabupaten/Kota, tidak terkecuali di Kalimantan Barat. Pelaksanaan KSM pada Tingkat Satuan Pendidikan 21-30 Juni 2021, pemenangya didaftarkan pada tingkat   kabupaten/kota mulai tanggal 5-30 Juli 2021. Di kabupaten/ kota dilaksanakan uji coba KSM pada   14-16 Agustus 2021 dan pelaksanaan lomba 21-23 Agusutus 2021. Pemenang tingkat kabpaten/kota akan mengikuti lomba tingkat provinsi pada 18-20 September 2021. Pemenang tingkat provinsi akan mewakili Kalimantan Barat pada tingkat nasional pada 23-24 Oktober 2021 dan akan diumumkan pada taggal 30 Oktober 2021.

Semakin dekatnya waktu lomba membuat Tim KSM MTs. Negeri 2 Pontianak menambah volume latihannya. Dalam kondisi PPKM sekarang kegiatan latihan terpaksa dilaksanakan secara daring. Guru pembimbing mengirim paket soal kepada siswa kemudian dikerjakan dan dibahas secara daring. Meskipun dengan serba keterbatasan siswa dan guru pembimbing tetap semangat mempersiapkan Tim untuk bisa lolos di tingkat Kota Pontianak dan mewakili Kota Pontianak di tingkat Provinsi.

Pada musim kompetisi tahun ini, MTs. Negeri 2 Pontianak mengirim peserta pada tiga bidang lomba. Bidang lomba Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) diikuti oleh Muhammad Fathir Nur Azhim dengan guru pembimbing Endah Nurbaiti, S. Pd. M. Pd. Bidang lomba Matematika diikuti oleh Muhammad Fairuz Wicaksono dengan guru pembimbing Dra. Nji Junia Sufijantika, M. Ed. Terakhir bidang lomba Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) diikuti oleh Muhammad Davi Purnomosidi dengan guru pembimbing        Susanti, S. Pd. “ Alhamdulillah, anak-anak semangat berlatih meskipun dengan keterbatasan waktu dan tempat. Sesekali kami lakukan luring jika memang pembahasan soal harus memerlukan pembahasan secara langsung. Semoga perjuang kami membuah hasil dengan masuknya MTs. Negeri 2 Pontianak mewakili Kota Pontianak sampai tingkat nasional” penjelasan Ibu Endah ketika dimintai keterangan melalui telepon.

Kepala MTs. Negeri 2 Pontianak, Hj. Yuliana, S.H., S. Pd., M. Pd., ketika dimintai tanggapannya mengenai persiapan MTs. Negeri 2 Pontianak menghadapi KSM 2021 ini, beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada guru pembimbing dan siswa yang  sampai saat ini tetap semangat dan terus berlatih mempersiapkan diri menghadapi kompetisi ini. Kita pernah juara sampai tingkat nasional, oleh karena itu, kita berharap tahun ini kita juga bisa sampai tingkat nasional. Ungkapnya mengakhiri pembicaraan.

 

Ismadi