Menanggapi Surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat pada tanggal 16 November 2020 Nomor 7680 tentang Pelaksanaan Asesmen Pemetaan Jabatan Administrasi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi H. Abdulbar, S.Ag, M.Pd mengundang rapat para pejabat struktural di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi. Rapat yang diselenggarakan pada tanggal 19 November 2020 di Ruangan Kasubbag TU itu dihadiri oleh Kasi Pendis, Kasi  Haji dan Bimas Islam, Penyelenggara Kristen, Penyelenggara Buddha dan Plt Kasi Bimas Katolik.

Dalam arahannya Bapak Kepala Kantor mengatakan, "ini kesempatan yang sangat baik, maka harus dimanfaatkan dengan baik juga. Karena asesmen adalah media tolok ukur untuk mengukur kualitas dan kompetensi ASN untuk menduduki jabatan yang tepat di masa yang akan datang. Dalam surat Bapak Kakanwil,  kita diminta untuk mengutus tujuh ASN untuk mengikuti Asesmen yang dilaksanakan mulai tanggal 23-25 November 2020. Oleh karena itu saya mengajak Bapak dan Ibu untuk membicarakan siapa saja yang harus kita utus untuk mengikuti asesmen tersebut," terang Pak Kapala dengan bijak.

Akhirnya melalui musyawarah singkat disepakati bahwa yang mengikuti asesmen dari Kemenag Melawi adalah;  1. H.Subakir, S.Ag,M.Si Kasi Pendis;  2. H. Qamarul Khair, S.Ag,M.Si Kasubbag TU; 3.  H. Muhamad Desi Asiska, S.Sos.I Kasi Haji dan Bimas Islam; 4. Roni, S.Th Penyelenggara Kristen; 5.  Titik Suhartinah, S.Ag Penyelenggara Buddha; 6. Gabriel Salim,S.S. Penyuluh Agama Katolik Ahli Madya dan 7. Fazli Aminuddin, SE.I.