Pada Rabu Pagi, (02/1/2019), Seluruh Petugas Upacara Puncak Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama  ke-73 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2019 berada di Halaman Kanwil Kemenag Kalbar Jl. Surtan Syahrir, No.12, Pontianak.

Ketua Panitia HAB ke-73 Kanwil Kemenag Kalbar H. Darohman, S.Ag, M.Pd menuturkan bahwa peserta upacara yang akan hadir pada peringatan tersebut diperkirakan mencapai 1.000 orang yang terdiri dari 100 Undangan VIP, dan selebihnya dari IAIN Pontianak, ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Prov. Kalbar, ASN Kantor Kemenag Kota Pontianak, ASN Kan Kemenag Kubu Raya dan Para Purna Tugas Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam Latihan Gladi Bersih tersebut Darohman menuturkan bahwa para petugas upacara telah dipersiapkan jauh-jauh hari, terutama petugas pengibar bendera merah putih yang berasal dari Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak atas nama Nabil Maulana (Pembentang Bendera), Indra Kurniawan (Penggerek Bendera) dan Muhammad Nafis (Pembawa Bendera).

Pada Upacara Peringatan HAB Kemenag ke-73 tahun 2019 dijadwalkan sebagai Inspektur Upacara adalah Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, sedangkan Perwira upacara dipercayakan kepada Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pontianak, H. Edi Setiawan, S.Ag, S.Pd. Selanjutnya sebagai pemimpin upacara dipercayakan kepada Kepala MIS Nurul Islam Salah Satu ASN dari Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Abdul Mu’in, S,Pd.

"Hari ini gladi bersih seluruh petugas yang tergabung dalam upacara perigatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama  ke 73 Tahun 2019 termasuk peserta penerima Satya Lencana Karya Satya sebanyak 30 orang juga hadir sebagai persiapan apel besok pagi,” ujar Darohman.

Setelah upacara Puncak Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama  ke 73 selesai, para Tamu VIP dan para undangan dijadwalkan untuk menghadiri acara Tasyakuran dan ramah tamah yang akan di gelar di Aula Kanwil Kemenag Kalbar. Panitia telah menyiapkan 350 kursi untuk undangan.

Kepala Seksi Upacara HAB Kemenag ke-73 Tahun 2019 H. Razali, M.Pd mengatakan bahwa persiapan seluruh petugas upacara telah maksimal, termasuk petugas Pembaca Undang-Undang Dasar 1945, oleh Abd. Hay Bari, S.Ag, Petugas Pembaca Panca Prasetya Korpri oleh Shalihin HZ, M.Pd.I dan pembacaan Do’a oleh Penyelenggara Syari’ah Kemenag Kota Pontianak, H. Busro, semuanya telah mengikuti galdi bersih pada hari ini. (Ir-Inmas)