Setelah berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 4-7 Mei 2015, akhirnya selesai sudah pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP/MTs. Tidak terkecuali di MTs ASWAJA, dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan sejak bulan Oktober 2014.

Dua target menjadi harapan yakni harus sukses penyelenggara dan sukses prestasi.Sebagai madrasah penyelenggara untuk tahun ketiga, Kepala MTs ASWAJA Pontianak, Sholihin H.Z. menyampaikan bahwa sejak pelaksanaan UAMBN, dilanjutkan dengan Ujian Sekolah dan hari ini selesai Ujian Nasional, semua pelaksanaan berjalan dengan lancar tanpa ada halangan yang berarti.

Dalam informasinya juga, jika UAMBN yang menjadi pengawasnya adalah antar madrasah namun tetap dalam satu Kelompok Kerja Madrasah, lain halnya dengan UN, pengawasnya adalah silang antar sub rayon dan silang SMP-MTs.

Dengan jumlah peserta didik yang mengikuti UN sebanyak 45 orang, maka ada tiga ruang ujian dengan enam pengawas. Untuk di MTs ASWAJA, pengawas luar yang ke MTs ASWAJA adalah SMPN 16 dan SMPN 17. Demikian juga sebaliknya, enam orang pengawas MTs ASWAJA bertugas di dua SMPN tersebut.

Selanjutnya adalah pengumuman kelulusan yang mengacu kepada Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan atau BSNP ditetapkan tanggal 10 Juni 2015."Harapan kami tentunya, hasilnya nanti adalah yang terbaik untuk madrasah kami, mohon doa semuanya". Demikian Sholihin H.Z. mengakhiri perbicangan dengan redaksi. (Sh.HZ)