Bengkayang - Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : 7131 Tahun 2014 tentang Revisi Dirjen Pendidikan Islam No. 2347 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah, dan Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam dijelaskan bahwa MDT diselenggarakan untuk melengkapi, memperkaya, dan memperdalam pendidikan agama Islam pada MI/SD, MTs/SMP, MA/SMA/MAK/SMK, dan pendidikan tinggi atau yang sederajat dalam rangka peningkatan keimanan dan ketaqwaan peserta didik kepada Allah SWT.

Maka dari itu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang melalui Seksi Pendidikan Islam melakukan visitasi verifikasi permohonan ijin operasional baru terhadap calon lembaga MDT Darul `Ilmi Sinar Tebudak Kecamatan Tujuh Belas. Visitasi verifikasi permohonan ijin operasional dilakukan oleh Kasi Pendidikan Islam Uyung Yuliza, S.Pd.I bersama Operator Ijin Operasional PD Pontren Haornas Seseplanam, S.I.P, Kamis (12/11).

Uyung Yuliza mengatakan ijin operasional penyelenggaraan akan didapatkan setelah memenuhi syarat-syarat seperti tersedianya tenaga pengelola, baik Kepala MDT, guru sekurang-kurangnya 2 (dua) orang, dan tenaga administrasi sekurang-kurangnya 1 (satu) orang. Juga tersedianya tempat belajar beserta kelengkapannya, calon santri sekurang-kurangnya 15 (lima belas) orang, dan bersedia dan sanggup menyelenggarakan dan mengelola MDT dibuktikan dengan surat pernyataan dari Kepala MDT.

“Setelah pendirian dilakukan, MDT dapat melaksanakan kegiatan pendidikan. Namun demikian, ijin operasional penyelenggaraan akan didapatkan setelah memenuhi syarat-syarat seperti adanya tenaga pengelola, tempat belajar, calon santri, dan bersedia dan sanggup menyelenggarakan dan mengelola MDT,” ungkapnya. (S2p/bky)