Jika biasanya, sebuah kegiatan dilingkungan Kanwil Kemenag Kalimantan Barat dibuka oleh Kepala Kantor wilayah, namun kini sebagai penghormatan kepada kepala daerah, maka kegiatan Subbag Hukum dan KUB Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat yang berjudul Orientasi Penyuluhan dan Konsultasi Hukum ASN Kemenag Kabupaten Sambas dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sambas, Hj.Hairiah,SH,MH.

Kehadiran Hairiah merupakan sebuah penghormatan dan bentuk kemitraan dari Kementerian Agama, baik Kanwil Kemenag Provinsi Kalbar dan Kantor Kemenag Kabupaten Sambas kepada Pemerintah Daerah Kabupten Sambas dalam berbagai hal yang telah dilalui. Pelaksanaan pembukaan dimulai di Hotel Pantura Jaya Sambas pada tanggal 20 September 2016 yang dimulai dengan makan malam bersama.

Tidak ketinggalan, Ka.Kanwil Kemenag Kalbar, Drs.H.Syahrul Yadi,M.Si hadir pula dalam opening ceremony tersebut. Disela jadwal dan kesibukan yang padat, pejabat eselon II/a ini menyempatkan diri menyapa Aparatur Sipil Negara yang menjadi binaan dan tanggung jawabnya sebagai pimpinan tertinggi di Instansi bermotto Ikhlas Beramal tersebut. Turut serta hadir, Plt.Kepala Kemenag Sambas, Sipni,S.Pd.I,M.Pd dalam upacara pembukaan di lantai 2 Hotel Pantura Jaya Sambas.

Dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti seluruh peserta sebagai sebuah aturan kenegaraan dalam acara pemerintah. Dilanjutkan dengan laporan ketua panitia oleh Kasubbag Hukum dan KUB Kanwil Kemenag Prov.Kalbar, H.Nur Syahid,S.Ag yang menjelaskan tujuan, maksud serta hal hal terkait pelaksanaan kegiatan ini. Jumlah peserta sebanyak 30 orang dari Kemenag Sambas dan ASN Subbag Hukum dan KUB, yang dimulai dari tanggal 20 - 22 September 2016. Nara sumber terdiri dari Pejabat Kanwil Kemenag Kalbar,Pejabat Kemenag Sambas, Pengadilan Agama Sambas serta Polres Sambas.

Selanjutnya Kepala Kanwil Kemenag Prov.Kalbar menyampaikan sambutan tentang pentingnya menyamakan persepsi dalam sebuah regulasi. Regulasi bersifat dinamis dan selalu berubah, untuk itlah kegiatan seperti ini sangat penting dilakukan, ujar Mantan Kepala Kemenag Kapuas Hulu dan Bengkayang ini, . Masyarakat dituntut paham dan mengerti aturan, apalagi ASN Kanwil Kemenag Kalbar, wajib taat dan paham terhadap perkembangan regulasi yang berlaku.

Selain itu Ka.Kanwil berharap agar semua peserta mendapat materi yang berarti dan dapat menerapkan di lingkungan kerja masing masing, baik di KUA maupun di Kantor Kemenag Sambas. Sebagaimana amanat dalam Peraturan Menteri Agama yang menetapkan beberapa satker di Kanwil Kemenag Kalbar sebagai pilot project pelaksanaan zona integritas.

Usai Ka.Kanwil Kemenag Kalbar menyampaikan sambutan, diteruskan dengan sambutan oleh Wakil Bupati Sambas, Hj.Hairiah,SH,MH yang memberikan sambutan. Anggota DPD RI Dapil Kalbar periode 2009 2014 ini sangat mendukung terhadap kegiatan ini. bahwa hukum yang dinamis perlu selalu dipelajari dan dipahami sesuai Undangn Undang Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Penyusunan Peraturan Perundang Undangan, ujar Hairiah.

Hairiah juga menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sambas telah menyusun Perda Layanan Bantuan Hukum bagi masyarakat yang membutuhkan, namun belum berjalan dengan efektif ditahun ini. Semoga di tahun mendatang bisa berjalan dan mendukung perlindungan hukum bagi masyarakat Kabupaten Sambas. Sembari mengucap basmallah, Hj.Hairiah mengetok palu tanda dibukanya secara resmi Orientasi Penyuluhan dan Konsultasi Hukum bagi 30 orang Aparatur Sipil Negara di Kemenag Sambas. Sebagai tanda syukur dan demi mendapat barokah acara ini, dituntaskan dengan pembacaan doa oleh Zainal Abidin,M.Hum mengakhiri opening ceremony tersebut.