SINGKAWANG. Walikota Singkawang Awang Ishak melepas keberangkatan 79 calon jamaah calon haji Kota Singkawang di gedung Arafah, Komplek Masjid Agung Singkawang pada Rabu (17/8). Turut hadi dalam acara pelepasan calon jamaah haji, Kepala Kantor Kemenag Kota Singkawang Jawani, Ketua DPRD Kota Singkawang, Forkopinda Kota Singkawang, dan tamu undangan lainnya. Pelepasan calon jamaah haji Kota Singkawang tahun ini terasa berbeda karena bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71.

Dalam kesempatan tersebut Walikota berpesan kepada calon jamaah haji Kota Singkawang untuk mendoakan kota Singkawang. Saya selalu berpesan kepada jemaah haji, tolong doakan supaya air bersih di Singkawang segera terwujud," kata Awang Ishak. Insya Allah, lanjut Awang, pada Februari 2017, air leding sudah bisa didistribusikan ke rumah-rumah pelanggan. Kemudian, lanjut Awang, doakan supaya masyarakat Singkawang hidup sejahtera. "Sehingga semua masyarakat Singkawang kelak bisa naik haji seperti bapak/ibu sekalian," tuturnya.

Mengingat Singkawang tidak lama lagi akan ada pesta demokrasi (Pilwako), Awang meminta kepada jemaah haji untuk mendoakan jangan sampai ada warga Singkawang yang Golput. "Sehingga Singkawang dapat memilih dan menghasilkan pemimpin yang terbaik untuk membangun Singkawang lima tahun ke depan," ungkapnya. Tak lupa juga Awang mengingatkan, agar jemaah haji senantiasa taat kepada orang yang sudah diberi kepercayaan sebagai pemimpin jemaah haji selama berada di Mekkah. "Begitu juga kepada pemimpinnya harus bertanggung jawab sepenuhnya kepada seluruh jemaah haji Singkawang," katanya.

Suasana pemberangkatan calon jamaah haji diwarnai isak tangis dan rasa haru keluarga dari calon jamaah haji . Para keluarga dan warga Kota Singkawang memadati halaman halaman masjid Agung Nurul Islam Kota Singkawang untuk mengantar dan sekaligus melepas keluarganya yang diberangkatkan ke menuju Asrama Haji Pontianak.

Para calon jamaah haji Kota Singkawang termasuk dalam kelompok terbang (kloter) 11 Emberkasi Batam dan masuk kloter pertama untuk Propinsi Kalimantan Barat. Calon jamaah haji berangkat dari Singkawang pada Rabu (17/8) menuju asrama haji Pontianak, dan pada hari Kamis (18/8) dari Pontianak menuju Asrama Haji Batam, selanjutnya pada hari Jumat (19/8) para calon jamaah haji akan terbang dari Emberkasi Batam menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah. (Miftah)