Sebagai instansi vertical, Kementerian Agama memiliki garis koordinasi horizontal dari tingkat bawah ke atas. Dari kabupaten/kota sampai ke provinsi dan dari provinsi sampai kepada Menteri Agama Republik Indonesia di Jakarta. Untuk itulah pengawasan melekat harus selalu dilakukan sesuai dengan tingkatan yang ada.

Untuk tingkat Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat, tentunya melakukan pembinaan, pengawasan dan pemantauan pada tingkat Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota yang ada, madrasah negeri dan swasta serta Kantor Urusan Agama di kecamatan. Semua menjadi tugas dan wewenang serta tanggung jawab secara birokrasi oleh pejabat tertinggi yaitu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat.

Atas dasar tugas tersebut, Rabu 21 September 2016, sekitar pukul 10.00 Wib Ka.Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Drs.H.Syahrul Yadi,M.Si secara mengejutkan tanpa pemberitahuan melakukan kunjungan ke Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang. Didampingi Penyusun Bahan Siaran dan Pemberitaan, Aris Sujarwono, Syahrul Yadi berkeliling dan mengunjungi satu persatu ruangan di instansi yang beralamat di Jalan Ali Anyang Kota Singkawang tersebut.

Disambut oleh Kasubbag TU, H.Azhari,S.Ag,M.Si serta Kasi Bimas Islam, Drs.H.Muhlis,M.Pd dan Kasi Pendis, Dr.H.Arnadi,M.Pd, Penyelenggara Haji dan Umroh, Drs.Marhola menyalami dan bertemu dengan ASN di setiap ruangan, dari tata usaha, umum, pengurusan kepegawaian, seksi pendis, seksi bimas islam dan penyelenggara haji dan umrah. Tampak wajah ceria dan sumringah dari ASN yang ada di Kemenag Singkawang, mengingat pejabat tertinggi yaitu Ka.Kanwil datang dan mengunjungi ruangan mereka satu persatu dan menyapa dengan senyuman yang hangat.

Tak lupa, mantan Kepala Kemenag Kapuas Hulu dan Bengkayang ini masuk diruang operator Siskohat untuk mengecek data calon jamaah haji yang telah mendaftar di Kantor Kemenag Kota Singkawang. Didampingi para pejabat eselon IV termasuk Kasi Bimas Buddha, Suyitno,S.Ag yang hadir usai mengunjungi vihara, Ka.Kanwil mencoba melihat dan memantau data para warga yang masuk dalam waiting list calon jamaah haji Kota Singkawang.

Hasil yang cukup signifikan menunjukan minat tinggi warga Kota Singkawang yang beragama Islam dalam mendaftar haji, dimana waiting list masuk pada jarak 18 tahun lamanya. Kurang lebih Kota Pontianak, ujar Syahrul Yadi,. Betapa tinggi semangat beragama umat Islam dalam menunaikan ibadah haji ke baitullah.

Setelah dari ruangan Siskohat, Ka.Kanwil ke ruangan Kepala Kemenag Singkawang, Drs.H.Jawani yang berhalangan masuk kantor dikarenakan sakit. Ka.Kanwil berpesan agar jajaran dibawahnya selalu solid dan menjaga kekompakan, serta patuh dan tunduk pada regulasi yang berlaku. Usai berbincang dengan pejabat eselon IV. Ka.Kanwil pamit dan undur diri, untuk melanjutkan perjalanan berikutnya.

Kunjungan dan perjalanan Ka.Kanwil merupakan bentuk waskat dan pembinaan pimpinan pada satuan kerja dibawahnya, hasil yang didapat menjadi bahan rujukan dalam berbagai pengambilan kebijakan serta merupakan evaluasi pimpinan menuju Kementerian Agama Kalimantan Barat yang berintegritas, professional, inovatif, bertanggung jawab dan berketeladanan dimasa mendatang. Amin Insya Allah. (AS)