Sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang termaktub dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional yang dikemukakan yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yan g beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, Sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab maka Kanwil Kemenag Kalbar melalui Bidang Pendidikan Madrasah menyelenggarakan Workshop Calon Tim Penilai Kinerja Guru Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat Tahun 2014.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara bersamaan dengan workshop pengembangan keprofesian berkelanjutan di Asrama Haji Pontianak tanggal 22-24 Desember 2014, kegiatan ini di ikuti oleh 55 orang dengan peserta dari unsur struktura,l Kepala Madrasah PNS dan Guru-Guru senior dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat.

Kabid Pendidikan Madrasah Drs. H. Ridwansyah, M.Si menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan atas UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, UU nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Peraturan bersama antara mendiknas dan Ka BKN No.14/2010 dan No 03/V/PB/2010 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya dan Permendiknas No35 Tahun 2010 tentang juknis pelaksanaan jabatan fungsional guru dan angka kreditnya Pedoman pelaksanaan penilain kinerja guru termasuk instrumennya.

Ridwansayh menambahkan bahwa salah satu fungsi Penilaian Kinerja Guru (PKG) adalah untuk menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.

Selain itu dengan adanya PKG kita dapat menghitung angka kredit yang di peroleh guru atas kinerja pelajaran, pembelajaran, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan tugas tambahan dan sejalan dengan fungsi sekolah/madrasah yang dilakukan pada tahun tersebut tambah Ridwansyah.

Dalam arahannya, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Drs. H. Syahrul Yadi menjabarkan kepada seluruh peserta Bahwa guru sangat berpengaruh untuk mencapai sasaran yang ditetapkan, karenana keberhasilan madrasah mencapai tujuan secara efektif dan efesian dominan sangat ditentukan oleh keteladanan seorang guru dan Kepala Madrasah.

Disamping itu Kementerian Agama melalui Bidang Pendidikan Madrasah memprogramkan tentang peningkatan kualitas guru itu sendiri melalui berbagai pelatihan seperti workshop, seminar dan lain sebagainya, sehingga melalui program tersebut guru dapat menjalankan perannya sebagai pendidik tegas Syahrul Yadi.