Dalam rangka membangun profesi guru sebagai profesi yang bermartabat yakni untuk mencapai visi pendidikan nasional melalui proses pembelajaran yang berkualitas, maka Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan kegiatan Workshop Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Tahun Anggaran 2014.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 22-24 Desember 2014 yang dipusatkan di asrama Haji Pontianak. Adapun peserta kegiatan ini diikuti oleh 50 orang yang berasal dari Kepala Madrasah dan Guru yang belum pernah mengiuti kegiatan serupa dari Kabupaten Kota Se-Kalimantan Barat.

Agus Sofwan selaku panitia menjelaskan bahwa Tujuan kegiatan workshop pengembangan keprofesian berkelanjutan Tahun Anggaran 2014 adalah untuk memberikan motivasi kepada Guru dalam meningkatkan kemampuannya dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.

Untuk mencapai tujuan dimaksud, Panitia menyiapkan Narasumber dari unsur Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat dan dari Kepala Madrasah/Guru dilingkungan Kanwil Kemenag Prov. Kalbar yang telah mengikuti Bimtek/Diklat yang dilaksanakan oleh Kemendikbud.

Kegiatan workshop pengembangan keprofesian berkelanjutan Tahun Anggaran 2014 dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si.

Dalam arahannya Syahrul Yadi menjelaskan tentang kedudukan dan fungsi Guru Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai visi pendidikan yaitu menciptakan insan indonesia cerdas dan kompetitif. Oleh karena itu profesi guru harus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang nomor 14 Tahun 2005tentang Guru dan Dosen jelas Syahrul Yadi.

Selain itu syahrul menegaskan Konsekuensi dari jabatan guru sebgai profesi, diperlukan suatu sistem pembinaan dan pengembangan terhadap profesi guru secara terprogram dan berkelanjutan. Pengembangan keprofesian yang berkelanjutan (PKB) merupakan salah satu kegiatan yang dirancang untuk mewujudkan terbentuknya guru yang profesional.