SAMBAS-Kerukunan umat beragama merupakan modal utama bagi pembangunan Republik ini, ditengah beragamnya agama serta penganut kepercayaan masyarakat Indonesia diperlukan sebuah forum untuk berdialog dan bersilaturrahmi. Gesekan-gesekan antar umat beragama sering terjadi karena tidak terjalinnya komunikasi yang baik. Kehadiran Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) diharapkan dapat meminimalisir gesekan-gesekan tersebut.

FKUB merupakan modal yang sangat besar untuk mempersatukan masyarakat,demikian yang diungkapkan Sipni,S.Pd.I, M.Pd Ketua Panitia Workshop Peningkatan Wawasan Multikultural dan Dialog antar Agama Tingkat Kabupaten Sambas Tahun 2016 di Hotel Pantura JayaSambas, Rabu (23/3), dengan peserta yang terdiri dari Pengurus FKUB Kab. Sambas, MUI, Tokoh Agama dan Adat, Penyuluh Agama, Kepala KUA Kecamatan dan Kasi, penyelenggara Kankemenag Kab. Sambas.

Kegiatan yang berlangsung satu hari ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Propinsi Kalimantan Barat Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si untuk membuka acara sekaligus memberikan pengarahan kepada peserta. Dalam arahannya Kakanwil menyampaikan bahwa kita mesti membangun kerukunan antar umat beragama, apalagi dalam menghadapi isu-isu global seperti LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender) yang berlindung dibalik isu HAM. Begitu juga ancaman narkoba dan kapitalis,tegas Syahrul Yadi, mantan Kankemenag Kab.Bengkayang ini.

Lebih lanjut ia mengingatkan selain ancaman eksternal juga ada ancaman internal berupa liberalisme dan radikalisme. Sebelum mengakhiri arahannya Kakanwil berpesan agar FKUB menjadi perekat umat beragama, jangan alergi terhadap perbedaan. Dalam perbedaan kita tidak boleh mengusik hal-hal yang esensial dalam sebuah agama,tambahnya.

Adapun Kepala Kantor Kemenag Kab.Sambas H.M. Asmar, S.Pd.I dalam sambutannya menyampaikan lima budaya kerja Kementerian Agama dan enam pilar yang mesti dibangun di Kabupaten Sambas. Setelah pengarahan yang disampaikan Kakanwil, acara dilanjutkan dengan dialog antar agama dengan pemateri pertama Bupati Sambas Terpilih H. Atbah Romin Suhaili, Lc dengan materi Silaturrahmi antar umat beragama Kab. Sambas.

Kemudian akan dilanjutkan dengan pemateri kedua dari Ketua FKUB Kab. Sambas H. Syafawi Zainudin yang akan menyampaikan materi Peran FKUB dalam mempererat hubungan antar umat beragama. (rdn).