Senin, 13 Juli 2020 di Aula MTsN 2 Melawi para guru, staf dan seluruh elemen madrasah duduk di depan laptop masing - masing bersiap melaksanakan acara pembukaan matsama (masa ta'aruf siswa madrasah) MTsN 2 Melawi. Mengingat masa pandemi maka matsama tahun ini diadakan secara daring.

Dengan menggunakan media zoom meeting para siswa mengikuti pembukaan matsama. Uji coba telah dilakukan selama dua hari oleh operator madrasah dan didukung oleh Indosat OOreedoo. Partisipasi siwa sangat banyak dan antusias mengikuti kegiatan zoom meeting ini.

Acara dimulai tepat pukul 08.00 WIB master of ceremony Ibu Lestari Andayani, S. Pd membuka acara dan dilanjutkan dengan pembacaan lantunan ayat suci alqur'an dengan qori'ah Ibu Jenni Yanti, S.Pd. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan do'a oleh Bapak Kabib Mustapa, S.Pd.

Acara inti berlanjut dengan perkenalan tenaga pendidik dan kependidikan yang digawangi oleh Ibu Kamad Wiwik Setiyorini, S. Ag. Semua elemen madrasah berkesempatan memperkenalkan diri mereka satu persatu. Mulai dari Kepala Tata Usaha, Waka Kurikulum,

Waka Kesiswaan dan Waka Humas serta waka sarana dan prasarana. Bendahara Pengeluaran dan operator madrasah juga ikut memperkenalkan diri kepada para siswa tak lupa Ketua Komite Madrasah yang ikut bergabung di zoom meeting. Dilanjutkan dengan para dewan guru dan tenaga pengamanan dan kebersihan. 

Interaksi antara peserta didik baru dan elemen madrasah pun berlanjut dengan perkenalan yang dilakukan oleh masing - masing peserta didik. Satu persatu mereka memperkenalkan diri. Dengan tersipu malu dan ada pula yang penuh percaya diri. Acara berlanjut dengan penjelasan dari host pihak Indosat Ooreedoo dan bagi - hadiah melalui kuis. Para peserta zoom mendapatkan hadiah paket data bagi yang dapat menjawab pertanyaan. 

Kegiatan pembukaan selesai dan dilanjutkan dengan materi matsama yang telah dijadwalkan panitia mulai dari profil dan sejarah MTsN 2 Melawi, pengenalan KBM dan ekstrakurikuler dan materi lainnya. Kegiatan m,atsama berlangsung selama tiga hari mulai dari hari Senin sampai Rabu. Semoga para peserta didik baru  dapat mengikuti kegiatan matsama hingga selesai dan semoga kita semua diberikan kesehatan dan perlindungan Allah SWT. (Okta)