KEDUDUKAN, TUGAS, DAN FUNGSI

Instansi Vertikal Kementerian Agama merupakan instansi pada Kementerian Agama yang melaksanakan tugas dan fungsi Kementerian Agama di daerah.

Instansi Vertikal Kementerian Agama terdiri atas kantor wilayah Kementerian Agama provinsi dan kantor Kementerian Agama kabupaten/kota.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi berkedudukan di provinsi, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Agama.

Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi bertugas bertugas melaksanakan tugas dan fungsi Kementerian Agama dalam wilayah provinsi berdasarkan kebijakan Menteri Agama dan ketentuan peraturan perundang-undangan. .

Dalam melaksanakan tugas, kantor wilayah Kementerian Agama provinsi menyelenggarakan fungsi:

  1. perumusan dan penetapan visi, misi, dan kebijakan teknis di bidang pelayanan dan bimbingan kehidupan beragama kepada masyarakat di provinsi;
  2. pelayanan, bimbingan, dan pembinaan di bidang haji dan umrah;
  3. pelayanan, bimbingan, dan pembinaan di bidang pendidikan madrasah, pendidikan agama dan keagamaan;
  4. pembinaan kerukunan umat beragama;
  5. perumusan kebijakan teknis di bidang pengelolaan administrasi dan informasi;
  6. pengkoordinasian perencanaan, pengendalian, pengawasan, dan evaluasi program; dan
  7. pelaksanaan hubungan dengan pemerintah daerah, instansi terkait, dan lembaga masyarakat dalam rangka pelaksanaan tugas kementerian di provinsi.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota

Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota berkedudukan di kabupaten/kota, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama.

Kantor Kementerian Agama mempunyai tugas melaksanakan tugas dan fungsi Kementerian Agama dalam wilayah kabupaten/kota berdasarkan kebijakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam melaksanakan tugas , Kantor Kementerian Agama menyelenggarakan fungsi:

  1. perumusan dan penetapan visi, misi, dan kebijakan teknis di bidang pelayanan dan bimbingan kehidupan beragama kepada masyarakat di provinsi;
  2. pelayanan, bimbingan, dan pembinaan kehidupan beragama;
  3. pelayanan, bimbingan, dan pembinaan haji dan umrah, serta zakat dan wakaf;
  4. pelayanan, bimbingan, dan pembinaan pendidikan madrasah, pendidikan agama, dan pendidikan keagamaan;
  5. pembinaan kerukunan umat beragama;
  6. perumusan kebijakan teknis di bidang pengelolaan administrasi dan informasi;
  7. pengoordinasian perencanaan, pengendalian program, dan pengawasan; dan
  8. pelaksanaan hubungan dengan pemerintah daerah, instansi terkait, dan lembaga masyarakat dalam rangka pelaksanaan tugas Kementerian Agama di provinsi.

Susunan organisasi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, terdiri atas:

  1. Bagian Tata Usaha;
  2. Bidang Pendidikan Madrasah;
  3. Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam;
  4. Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah;
  5. Bidang Urusan Agama Islam;
  6. Bidang Penerangan Agama Islam, dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf;
  7. Pembimbing Masyarakat Kristen;
  8. Pembimbing Masyarakat Katolik;
  9. Pembimbing Masyarakat Hindu;
  10. Pembimbing Masyarakat Buddha; 
  11. Pembimbing Masyarakat Khonghucu; dan 
  12. Kelompok Jabatan Fungsional.

Selain organisasi diatas, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat membawahi Kantor Kementerian Agama:

  1. Kabupaten Kapuas Hulu;
  2. Kota Pontianak;
  3. Kabupaten Sambas;
  4. Kabupaten Sanggau;
  5. Kabupaten Sintang;
  6. Kabupaten Pontianak;
  7. Kabupaten Ketapang;
  8. Kabupaten Landak;
  9. Kabupaten Sekadau;
  10. Kabupaten Bengkayang;
  11. Kabupaten Kubu Raya;
  12. Kabupaten Kayong Utara;
  13. Kabupaten Melawi;dan
  14. Kota Singkawang.