Ananda MIHAZAFIN, Ingat GURUMU*

Sudah 21 tahun ayah mengabdikan diri sebagai guru, artinya sudah beribu murid ayah bertebaran dimana-mana. Kalau satu angkatan meluluskan 200 orang maka hasilnya (?!) Tidak ada kebanggaan guru ananda selain melihat jika anak didiknya berhasil dengan berbagai profesi dan karya. Hanya kadang ada pertanyaan saat ketemu murid ayah yang pertanyaannya entah apakah wajar atau tidak, entah logis atau tidak, _husnuzh zhan_ mungkin ia ingin dikenang sebagai apa oleh gurunya.

Resonansi# JANGAN JADI GENERASI PENGELUH

"Aduh nah", "capek dah", inilah kata-kata yang kadang kita dengar atau bahkan kite sendiri yang mengucapkannye? dari ucapan dan bayangan nadanya kesan yang timbul adalah kata-kata kesal, mengeluh dan sejenisnya. Bolehkah mengeluh? ya, bolehlah, itu hak NT. cume kalau bentar-bentar ngeluh, bentar-bentar ngaduh, itu tanda ade yang kurang beres berkaitan dengan kepercayaan diri kite, _self confidence_ kate orang Inggeres. Orang-orang yang maju adalah orang-orang yang tidak senang dengan kondisi mengeluh dan menyerah.

Resonansi# Lama Berlalu, Baru Belum Tahu

Di lingkaran wabah covid-19 (mudahan segera berakhir dan betul-betul normal), saat ini, katanya kita berada di new normal. New normal menandai diliewatinya masa sebelumnya yang serba mengkhawatirkan dan seharusnya waspada harus tetap ada sampai kapanpun terlebih lagi waspada nyambut "si maut". New normal boleh tapi waspada jangan lengah, new normal silakan datang tapi protokol kesehatan tetap diperhatikan.

Dinamika Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19

Penyebaran virus corona di Indonesia membuat banyak sektor yang dikelola pemerintah atau swasta tersimbas . Pemerintah dengan kebijakannya menggelontorkan banyak perubahan baik dalam perekonomian, ibadah, kantor, atau sekolah / perguruan tinggi. Social Distancing, WFH adalah merupakan kebijakan pemerintah yang harus diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat.

MEMPERTAHANKAN RAMADHAN

Ramadhan telah berlalu dan saat ini kita tengah berada dibulan Syawal sebagai hari raya umat Islam. Setiap menyambut 1 Syawal pasti akan terasa berbeda karena umat Islam digiring untuk melatih diri, mengendalikan hawa nafsu, dan mengasah lebih intens kepekaan sosial lewat Ramadhan. Madrasah Ramadhan. Sedih atau gembira, senang atau tidak, bulan yang banyak istilah dilekatkan padanya harus dilewati.

Halaman-halaman