ORANG BAIK

Baik dan buruk adalah dua kondisi yang saling bertentangan tetapi turut mewarnai kehidupan manusia. Semua orang berjuang agar hidupnya senantiasa bergelimang dengan kebajikan. Semua ingin menjadi orang baik, tidak seorang pun yang ingin sebaliknya, mereka sependapat bahwa semakin banyak orang-orang baik di sekitar kita, segala urusan akan semakin lancar.

MEMUTUS SAMYOJANA

Kelahiran, usia tua, sakit, dan kematian adalah empat kondisi duniawi yang tidak terbantahkan, dialami oleh semua mahluk. Para dewa, manusia, dan mahluk apapun penghuni tiga puluh satu alam kehidupan, akan tergilas olehnya. Jika suatu mahluk masih dirundung nafsu, ia akan terus dilahirkan dari satu kehidupan ke kehidupan berikutnya. Akan mengalami usia tua, sakit, kematian dan akan menderita.

Menyikapi Kemarahan

Marah dan dimarahi adalah dua kata yang memiliki kata dasar sama yaitu "Marah" namun memiliki konteks berbeda. Marah merupakan ekspresi yang ditunjukkan oleh seorang terhadap pihak lain yang dipicu oleh berbagai kendala yang menghambat tercapainya suatu tujuan. Ekspresi tersebut umumnya disalurkan dalam bentuk kata-kata kasar, caci maki, dan tindakan jasmani.

Menghindari Kemunduran

Setiap orang memiliki kebebasan untuk melakukan aktifitas sesuai kehendak dan pilihanya. Demikian pula umat Buddha, ia bebas dalam menentukan pilihannya. Anda mau memilih sebagai orang yang menjalani kehidupan berumah tangga (Gharavasa), silahkan. Jika anda lebih tertarik untuk memilih dan menjalani kehidupan sebagai orang yang meninggalkan kehidupan rumah tangga (Pabbajita), untuk menjalani kehidupan suci, juga silahkan. Tidak ada paksaan. Anda tidak diwajibkan menikah, juga tidak dipaksa menjadi bhikkhu.

Buatmu,,,Si Tulang Rusuk yang Menjadi Tulang Punggung

Islam menjadikan lelaki sebagai kepala keluarga, di pundaknya lah tanggung jawab utama lahir batin keluarga. Islam juga sangat proporsional dalam membagi tugas rumah tangga, kepala keluarga diberikan tugas utama untuk menyelesaikan segala urusan di luar rumah, sedang sang ibu memiliki tugas utama yang mulia, yakni mengurusi segala urusan dalam rumah.

Curhatan Seorang Istri

Jam sudah menunjukkan pukul 21.00. Saya pun bersiap-siap untuk tidur. Suamiku tercinta beserta anak-anak sudah tidur. Tinggallah saya sendiri. Sebelum tidur, saya mengatur alarm dulu di hp. Ternyata ada beberapa chat di aplikasi whatsapp. Saya buka. Ternyata ada banyak pesan dari seorang wanita berstatus seorang isteri. Isinya seputar keluhan  keadaannya sebagai isteri, ibu maupun menantu dalam keluarga suaminya. Dari curhatan tersebut dapatlah saya rangkum menjadi sebuah tulisan berikut.

Pasanganmu, Bahagiakan Dia Selagi Dia Masih Ada

Setiap orang yang telah berkeluarga, tentu menginginkan kebaikan dan kebahagiaan dalam kehidupannya bersama istri dan anak-anaknya. Hal ini sebagai perwujudan rasa cintanya kepada mereka. Dan kecintaan ini merupakan fitrah yang Allah tetapkan pada jiwa setiap manusia. Allah Ta’ala berfirman, “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang.

Dan Kau Suami,,,Juga Bukanlah Malaikat

Nah, sekarang kita akan membahas tentang engkau suami. Jika kemarin saya menulis tentang istrimu bukanlah bidadari, maka hari ini saya akan menulis tentang dirimu bahwa kau juga bukanlah malaikat. Suami, silakan Anda mengorek memori Anda tentang wanita pendamping hidup Anda. Temukan berbagai kelebihan padanya, dan selanjutnya tersenyumlah, karena ternyata istri Anda memiliki banyak kelebihan.

Ayo,,,Ungkapkan Cintamu

Sesungguhnya ajaran Islam merupakan ajaran yang penuh kasih sayang. Tidak ada ajaran manapun yang melebihi kasih sayang dalam ajaran Islam. Bagaimana tidak? Bahkan dalam perkara cinta dan kasih sayang pun Allah mengaturnya melalui lisan Rasulullah agar diungkapkan kepada saudara yang kita cintai. Dari situ dapat terlihat bahwa termasuk hal yang sunnah dalam persaudaraan seiman ialah menyampaikan perasaan cinta itu kepada orang yang dicintainya.

Halaman-halaman